Kamis, 24 Desember 2015

PENGEMBANGAN BISNIS

TUGAS PENGANTAR BISNIS

“PENGEMBANGAN BISNIS”










OLEH :
EKA WAHYU ANDAYANI
8135150584
PENDIDIKAN TATA NIAGA A

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat diperkenankan menyelasaikan makalah yang berjudul “Pengembangan Bisnis”. Adapun tujuan makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang bisnis dan pengembangannnya serta cara menerapkannya.
Dalam penyusunan makalah ini saya menyadari adanya keterbatasan. Oleh sebab itu, saya mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang mendukung dan membantu. Saya menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat. Akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.





Jakarta, 13 Desember 2015



Penyusun








Pengembangan Bisnis

Pengembangan Usaha adalah suatu analisis yang mengembangkan dan mentransformasikan sumber daya menjadi barang ekonomi yang lebih berkualitas yang diperjualbelikan dalam perniagaan untuk mendapat keuntungan.
Adapun unsur – unsur penting dalam mengembangkan usaha ada 2 unsur yaitu :

 1. Unsur yang berasal dari dalam ( pihak internal ) :
a)     Adanya niat dari wirausahawan  
b)    Mengetahui teknik memproduksi barang beserta anggaran yang akurat

2. Unsur dari pihak luar ( Pihak eksternal) :

a)     Mengikuti perkembangan informasi luar guna melebarkan sayap bisnis
b)    Mendapatkan dana yang cukup
c)     Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang kondusif untuk usaha
d)     Mengetahui harga dan kualitas produk yang dijual yang sesuai dengan harga pasar
e)      Membuat jajaran produk yang inovatif sehingga terkesan berbeda
Aspek – aspek yang diperhatikan dalam mengembangkan usaha :

1. Aspek strategi

a)     Meneliti jenis usaha baru dengan mengidentifikasi peluang bisnis yang diperlukan oleh konsumen .
b)    Menciptakan pasar baru yang inovatif
c)     Menciptakan produk dengan karakteristik yang menarik konsumen

2. Aspek manajemen pemasaran

a)     Menembus dan menguasai pangsa pasar
b)    Mengolah situasi pasar yang ada dengan teliti
c)     Memasarkan produk dengan jaringan yang luas seperti eksport
d)    Membuat strategi pemasaran seperti marketing mix

3.Aspek penjualan

a)     Memberikan saran tentang perancangan dan kebijakan penjualan serta tindak lanjutnya
b)    Memprediksi banyaknya volume produk yang akan dijual

Tingkatan dalam pengembangan bisnis :
  
1.Tingkat Produk .

Pada level produk pengembangan usaha berarti mengembangkan produk atau teknologi baru. Meskipun tingkat pengembangan dapat berbeda tergantung perusahaan. Tingkat perkembangan usaha dapat disebut juga perkembangan incremental adalah perkembangan yang meningkatkan fungsi yang ada platform atau teknologi.

2.  Tingkat Komersial

     Maksud dari level ini adalah berburu pelanggan baru di segmen pasar yang baru.  Dengan   demikian pekerjaan ini memerlukan individu secara psikologis yang kuat dan yang sangat didorong mampu menangani banyak masalah. Tahap selanjutnya adalah saluran  atau    setup organisasi penjualan. Saluran dapat terdiri dari mitra, agen  seperti distributor, pemegang lisensi, franchisee, atau cabang sendiri.
Dan terakhir dengan mengembangkan penawaran produk secara keseluruhan yang terdiri dari beberapa/ gabungan teknologi untuk membuatnya menjadi hidup serta bertujuan untuk menghemat waktu dalam proses usaha .
3.  Tingkat Korporasi

     Tahap ini dilakukan saat memutuskan untuk membeli kompetensi organisasi tertentu yang tertuju pada korporasi/kerjasama tingkatan usaha.

4.  Tingkat keamanan dalam proses penjualan barang
    
Selain menjual produk dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik, pengawasan terhadap penjualan juga harus dilakukan demi menghindari kejadian-kejadian yang tidak terduga.

Cara pengembangan bisnis diantaranya :

1. Fokus pada satu produk atau jasa, pasarkan, promosikan, jual , tingkatkan produktivitas

Akan lebih baik jika dalam pengembangan bisnis dilakukan dengan step by step. Maksudnya fokus dahulu pada satu produk yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dengan tujuan mendapat keuntungan yang maksimal. Jika berhasil, kembangkan produk yang lain.

2. Kembangkan lini produk

Maksud dari step ini adalah memberi perbadaan atau kekhasan produk diantara banyaknya variasi produk agar pembeli mempunyai beragam pilihan.
3. Temukan cara untuk meningkatkan penjualan

Sejatinya telah banyak cara untuk mengembangkan suatu usaha. Namun jika beberapa konsumen telah mencoba produk Anda, cobalah cari cara lain seperti meningkatkan volume diskon . Tetapi, bukan berarti menaikkan harga sebelum penambahan diskon.

4. Pekerjakan seseorang, karyawan par time, freelance, dll

Hal ini dapat menambah pendapatan dengan tenaga kerja yang kompeten tetapi tidak sanggup mempekerjakan secara fulltime.

5. Membuat website atau toko online

Dewasa tidak hanya toko retail yang dikembangkan, namun toko secara online juga marak dibuat dimana-mana. Karena mobilitas masyrakat yang semakin tinggi, toko online dinilai menjadi solusi cepat dalam mendapatkan suatu barang.

*      MEMBENTUK JARINGAN BISNIS
Dalam membangun sebuah bisnis memang harus memiliki modal keberanian. Dari keberanian itu sendiri businessman sekiranya membangun relasi menyangkut pertumbuhan bisnisnya. Walaupun dimulai dari pebisnis pemula perlu adanya kunci-kunci menciptakan relationship dengan banyak orang yang dijelaskan sebagai berikut :
1.      Jalin Hubungan dengan Jaringan yang Dapat Kerjasama dalam Keuntungan
Relasi dengan patner atau pihak lain adalah kunci agar bisnis berkembang. Namun selektiflah dalam membangun relasi, jagan sampai terjerumus pada relasi yang justru merugikan. Cari relasi yang berdampak positif sehingga Anda dapat belajar dari strategi yang mereka jalani bersama Anda.
2.      Bangun Komunikasi Yang Baik
Komunikasi saat ini tidaklah hanya dalam satu regional bahkan internasional pun sekarang mudah. Maka, perluaskan relasi dengan pihak yang lebih melangkah maju (go internasional) agar bisnis yang Anda bangun dapat tumbuh secara pesat seperti program eksport produk.
3.      Bekerja Sama dan Saling Membantu
Hubungan saling menguntungkan adalah salah satu tujuan dari reasi tersebut. Namun saling tolong menolong menjadi tanggung jawab satu pihak dengan pihak lainnya.
4.      Tetaplah Tekun Dalam Usaha Anda
Tekunlah menjalin relasi yang lebih luas lagi, meski harus mengorbankan waktu yang lebih banyak. Namun ingatlah bahwa resiko untuk menjadi sukses dalam membangun dan menjalin relasi yang lebih luas adalah meninggalkan kenyamanan diri.
*    Perusahaan Multinasional
PMN adalah perusahaan yang beroperasi di banyak negara. Perusahaan ini memiliki kantor pusat, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Kantor pusat perusahaan ini mengkoordinasi manajemen secara keseluruhan. Dana pembangunan perusahaan ini juga sangat besar dan banyak bersumber dari banyak negara. Dalam politik global perusahaan ini membawa pengaruh kuat karena sumber dan potensi finansial yang sangat berkecukupan untuk masyarakat luas.
Mereka berpengaruh cukup kuat menyumbang sekitar 40% dalam perdagangan dunia. Mereka pula yang mendominasi bahkan menguasai aneka komoditi dagang di negara-negara berkembang (tembakau, minyak bumi, dll).
Dapat kita simpulakn betapa kuat dan besarnya perusahaan multinasional ini dalam menggerakkkan dan membawahi negara-negara berkembang dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini ditunjang dengan posisi oligopolit dalam pasar domestik dan internasional.
*    Strategi Bersaing dalam Bisnis
Strategi adalah rencana awal yang dilaksanakan cepat atau lambat dalam mencapai suatu tujuan.
Secara singkat di dalam strategi mempunyai prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, pendanaan efisien, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Selain itu,  koordinasi tim kerja, tema strategi, mengidentifikasi faktor pendukung juga diperlukan dalam strategi tersebut.
Ada lima strategi dasar dalam bersaing :

1.      Alow cost leadersehip strategy :  strategi dalam penyediaan produk dan jasa dengan harga yang minimal untuk memenuhi kebutuhan konsumen
  1. A broad differentiation strategy: strategi dengan cara dan spesifikasi produk yang tampil beda dan memiliki kekhasan dibandingkan pesaing.
  2. A best-cost provider strategy:  strategi dalam penyediaan produk dan jasa yang nilainya lebih besar daripada uang yang dikeluarkan konsumen.
  3. A focus market niche strategy based on lower cost: strategi di pasar yang sempit dengan harga yang lebih rendah daripada pesaing
  4. A focused or market niche strategy based on differentiation: strategi untuk pasar yang sempit dan spesifik dengan cara yang beda
Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam bidang bisnis :

a.      Strategi bagi Pemimpin Pasar
     1.      Bersikap memimpin dalam menguasai pangsa dan persaingan pasar
2.      Bersikap bertahan dan stabil
3.      Kuat menghadapi bermacam tantangan pasar yang sewaktu-waktu mengancam keberlangsungan perusahaan

b.       Strategi bagi Bukan Pemimpin Pasar

1.    Berusaha mempertahankan hubungan secara terbuka dengan pelangan sehingga dikenal paten oleh konsumen
2.    Mempertahankan strategi yang telah direncanakan, usahakan berjalan lurus dengan   planning awal

c.       Strategi Yang Lainnya

1.    Menciptakan produk andalan baru yang menjadi prioritas utama
2.    Proaktif dalam menguasai manajemen dan para ahli dalam memegang perusahaan
3.    Gerakkan agar perusahaan bergerak secara dinmis sehingga keuntungan yang didpat otomatis kan bertambah

     














DAFTAR PUSTAKA


achmadfarismuharam.blogspot.com/2012/11/pengembangan-usaha.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar