TUGAS PENGANTAR BISNIS
“PENGEMBANGAN BISNIS”
OLEH :
EKA WAHYU ANDAYANI
8135150584
PENDIDIKAN TATA NIAGA A
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb.
Puji dan
syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat diperkenankan menyelasaikan makalah yang berjudul “Pengembangan
Bisnis”. Adapun tujuan makalah ini
dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang bisnis
dan pengembangannnya serta cara menerapkannya.
Dalam penyusunan makalah ini saya
menyadari adanya keterbatasan. Oleh sebab itu, saya mengucapkan terima kasih
kepada banyak pihak yang mendukung dan membantu. Saya menyadari bahwa dalam
pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu saya mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Akhir kata.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Jakarta, 13 Desember 2015
Penyusun
Pengembangan Bisnis
Pengembangan Usaha adalah suatu
analisis yang mengembangkan dan mentransformasikan sumber daya menjadi barang
ekonomi yang lebih berkualitas yang diperjualbelikan dalam perniagaan untuk
mendapat keuntungan.
Adapun unsur
– unsur penting dalam mengembangkan usaha ada 2 unsur yaitu :
1. Unsur yang berasal
dari dalam ( pihak internal ) :
a) Adanya niat
dari wirausahawan
b) Mengetahui
teknik memproduksi barang beserta anggaran yang akurat
2. Unsur dari pihak luar ( Pihak eksternal) :
a) Mengikuti
perkembangan informasi luar guna melebarkan sayap bisnis
b) Mendapatkan
dana yang cukup
c) Mengetahui
kondisi lingkungan sekitar yang kondusif untuk usaha
d)
Mengetahui harga dan kualitas produk yang dijual yang
sesuai dengan harga pasar
e)
Membuat jajaran produk yang inovatif sehingga terkesan
berbeda
Aspek –
aspek yang diperhatikan dalam mengembangkan usaha :
1. Aspek
strategi
a) Meneliti
jenis usaha baru dengan mengidentifikasi peluang bisnis yang diperlukan oleh
konsumen .
b) Menciptakan
pasar baru yang inovatif
c) Menciptakan
produk dengan karakteristik yang menarik konsumen
2. Aspek manajemen pemasaran
a) Menembus dan
menguasai pangsa pasar
b) Mengolah
situasi pasar yang ada dengan teliti
c) Memasarkan
produk dengan jaringan yang luas seperti eksport
d) Membuat
strategi pemasaran seperti marketing mix
3.Aspek penjualan
a) Memberikan
saran tentang perancangan dan kebijakan penjualan serta tindak lanjutnya
b) Memprediksi
banyaknya volume produk yang akan dijual
Tingkatan dalam pengembangan bisnis :
1.Tingkat Produk .
Pada level
produk pengembangan usaha berarti mengembangkan produk atau teknologi baru. Meskipun
tingkat pengembangan dapat berbeda tergantung perusahaan. Tingkat perkembangan
usaha dapat disebut juga perkembangan incremental
adalah perkembangan yang meningkatkan fungsi yang ada platform atau teknologi.
2. Tingkat Komersial
Maksud
dari level ini adalah berburu pelanggan baru di segmen pasar yang
baru. Dengan demikian pekerjaan ini memerlukan
individu secara psikologis yang kuat dan yang sangat didorong mampu menangani
banyak masalah. Tahap selanjutnya adalah
saluran atau setup organisasi penjualan.
Saluran dapat terdiri dari mitra, agen seperti distributor, pemegang
lisensi, franchisee, atau cabang sendiri.
Dan terakhir
dengan mengembangkan penawaran produk secara keseluruhan yang terdiri dari
beberapa/ gabungan teknologi untuk membuatnya menjadi hidup serta bertujuan
untuk menghemat waktu dalam proses usaha .
3. Tingkat Korporasi
Tahap
ini dilakukan saat memutuskan untuk membeli kompetensi organisasi tertentu yang
tertuju pada korporasi/kerjasama tingkatan usaha.
4.
Tingkat keamanan dalam proses penjualan barang
Selain menjual
produk dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik, pengawasan
terhadap penjualan juga harus dilakukan demi menghindari kejadian-kejadian yang
tidak terduga.
Cara pengembangan bisnis diantaranya :
1. Fokus pada satu produk atau jasa, pasarkan, promosikan, jual , tingkatkan produktivitas
Akan lebih
baik jika dalam pengembangan bisnis dilakukan dengan step by step. Maksudnya
fokus dahulu pada satu produk yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan
dengan tujuan mendapat keuntungan yang maksimal. Jika berhasil, kembangkan produk
yang lain.
2. Kembangkan lini produk
Maksud dari
step ini adalah memberi perbadaan atau kekhasan produk diantara banyaknya
variasi produk agar pembeli mempunyai beragam pilihan.
3. Temukan cara untuk meningkatkan penjualan
Sejatinya
telah banyak cara untuk mengembangkan suatu usaha. Namun jika beberapa konsumen
telah mencoba produk Anda, cobalah cari cara lain seperti meningkatkan volume
diskon . Tetapi, bukan berarti menaikkan harga sebelum penambahan diskon.
4. Pekerjakan
seseorang, karyawan par time, freelance, dll
Hal ini
dapat menambah pendapatan dengan tenaga kerja yang kompeten tetapi tidak
sanggup mempekerjakan secara fulltime.
5. Membuat website atau toko online
Dewasa tidak
hanya toko retail yang dikembangkan, namun toko secara online juga marak dibuat
dimana-mana. Karena mobilitas masyrakat yang semakin tinggi, toko online
dinilai menjadi solusi cepat dalam mendapatkan suatu barang.

Dalam membangun
sebuah bisnis memang harus memiliki modal keberanian. Dari keberanian itu
sendiri businessman sekiranya membangun relasi menyangkut pertumbuhan bisnisnya.
Walaupun dimulai dari pebisnis pemula perlu adanya kunci-kunci menciptakan
relationship dengan banyak orang yang dijelaskan sebagai berikut :
1. Jalin
Hubungan dengan Jaringan yang Dapat Kerjasama dalam Keuntungan
Relasi dengan patner
atau pihak lain adalah kunci agar bisnis berkembang. Namun selektiflah dalam
membangun relasi, jagan sampai terjerumus pada relasi yang justru merugikan.
Cari relasi yang berdampak positif sehingga Anda dapat belajar dari strategi yang
mereka jalani bersama Anda.
2. Bangun
Komunikasi Yang Baik
Komunikasi saat ini
tidaklah hanya dalam satu regional bahkan internasional pun sekarang mudah.
Maka, perluaskan relasi dengan pihak yang lebih melangkah maju (go
internasional) agar bisnis yang Anda bangun dapat tumbuh secara pesat seperti
program eksport produk.
3. Bekerja
Sama dan Saling Membantu
Hubungan saling
menguntungkan adalah salah satu tujuan dari reasi tersebut. Namun saling tolong
menolong menjadi tanggung jawab satu pihak dengan pihak lainnya.
4. Tetaplah
Tekun Dalam Usaha Anda
Tekunlah menjalin
relasi yang lebih luas lagi, meski harus mengorbankan waktu yang lebih banyak. Namun
ingatlah bahwa resiko untuk menjadi sukses dalam membangun dan menjalin relasi
yang lebih luas adalah meninggalkan kenyamanan diri.

PMN adalah perusahaan yang beroperasi
di banyak negara. Perusahaan ini memiliki kantor pusat, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Kantor pusat perusahaan ini
mengkoordinasi manajemen secara keseluruhan. Dana pembangunan perusahaan ini
juga sangat besar dan banyak bersumber dari banyak negara. Dalam politik global
perusahaan ini membawa pengaruh kuat karena sumber dan potensi finansial yang
sangat berkecukupan untuk masyarakat luas.
Mereka berpengaruh cukup kuat
menyumbang sekitar 40% dalam perdagangan dunia. Mereka pula yang mendominasi
bahkan menguasai aneka komoditi dagang di negara-negara berkembang (tembakau,
minyak bumi, dll).
Dapat kita simpulakn
betapa kuat dan besarnya perusahaan multinasional ini dalam menggerakkkan dan
membawahi negara-negara berkembang dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini
ditunjang dengan posisi oligopolit dalam pasar domestik dan internasional.

Strategi adalah
rencana awal yang
dilaksanakan cepat atau lambat dalam mencapai suatu tujuan.
Secara
singkat di dalam strategi mempunyai prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara
rasional, pendanaan efisien, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara
efektif.
Selain itu, koordinasi tim kerja, tema
strategi,
mengidentifikasi faktor pendukung juga diperlukan dalam strategi tersebut.
Ada lima strategi dasar dalam bersaing :
1.
Alow cost leadersehip strategy :
strategi dalam penyediaan produk dan jasa dengan harga yang minimal
untuk memenuhi kebutuhan konsumen
- A
broad differentiation strategy: strategi dengan cara dan spesifikasi
produk yang tampil beda dan memiliki kekhasan dibandingkan pesaing.
- A
best-cost provider strategy:
strategi dalam penyediaan produk dan jasa yang nilainya lebih besar
daripada uang yang dikeluarkan konsumen.
- A
focus market niche strategy based on lower cost: strategi
di pasar yang sempit dengan harga yang lebih rendah daripada pesaing
- A
focused or market niche strategy based on differentiation: strategi
untuk pasar yang sempit dan spesifik dengan cara yang beda
Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam bidang bisnis :
a. Strategi
bagi Pemimpin Pasar
1. Bersikap memimpin dalam menguasai
pangsa dan persaingan pasar
2. Bersikap bertahan dan stabil
3. Kuat menghadapi bermacam tantangan
pasar yang sewaktu-waktu mengancam keberlangsungan perusahaan
b. Strategi
bagi Bukan Pemimpin Pasar
1.
Berusaha mempertahankan hubungan secara terbuka dengan pelangan
sehingga dikenal paten oleh konsumen
2.
Mempertahankan
strategi yang telah direncanakan, usahakan berjalan lurus dengan planning awal
c. Strategi
Yang Lainnya
1. Menciptakan produk andalan baru yang
menjadi prioritas utama
2.
Proaktif
dalam menguasai manajemen dan para ahli dalam memegang perusahaan
3.
Gerakkan
agar perusahaan bergerak secara dinmis sehingga keuntungan yang didpat otomatis
kan bertambah
DAFTAR PUSTAKA
achmadfarismuharam.blogspot.com/2012/11/pengembangan-usaha.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar