BISNIS TOKO RETAIL
OLEH
:
1.
EKA
WAHYU ANDAYANI
2.
FEBRI
SETIAWAN
3.
GERRY
NAWAWI
4.
IVANA
YOVITA
5.
YURINDA
RAMADHANA
PENDIDIKAN
TATA NIAGA A
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb.
Puji dan syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya kami dapat diperkenankan
menyelasaikan makalah yang berjudul “Bisnis Toko
Retail” . Adapun tujuan makalah ini
dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang bisnis
retail terhadap strategi perkembangan konsumen khususnya di minimarket dan
usaha kecil.
Banyak sekali hambatan dalam penyusunan makalah ini
waktu, saran dan lain-lain. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih
kepada banyak pihak yang mendukung dan membantu sebelumnya. Kami menyadari
bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan
makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat. Akhir kata.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Jakarta, 14 Oktober 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
LAPORAN UTAMA
BAB I (PENDAHULUAN)
·
LATAR BELAKANG
·
MASALAH
·
TUJUAN
·
MANFAAT
BAB II (DESAIN)
·
PENGUMPULAN DATA
·
ANALISIS DATA
·
KRITERIA PENILAIAN
BAB III (HASIL PENELITIAN)
·
INTERPRETASI
·
IMPLIKASI
BAB IV (KESIMPULAN)
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1.1 ........................................................................................................................
Gambar
1.2 ........................................................................................................................
Gambar
1.3 ........................................................................................................................
Gambar
1.4 ........................................................................................................................
Gambar
1.5 ........................................................................................................................
Gambar
1.6 ........................................................................................................................
LAPORAN UTAMA
Kami melakukan
observasi di 2 toko retail yang berbeda :
1.
Alfamart
Hari
: Senin
Tanggal
: 12 Oktober 2015
Pukul
: 11.00 WIB
Tempat
: Jl.Utan Kayu Utara, Jaktim
Gambar 1.1
2.
Warung
Kecil
Hari
: Senin
Tanggal
: 12 Oktober 2015
Pukul
: 11.30 WIB
Tempat
: Jl.Utan Kayu Utara, Jaktim
Gambar 1.2
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Bisnis
Retail merupakan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian
layanan kepada masyarakat sebagai pelaku konsumen untuk pengunaan yang sifatnya
individu sebagai pribadi maupun keluarga. Dalam arti lain bisnis yang
menyalurkan barang maupun jasa kepada pengguna akhir.
Untuk
mencapai keberhasilan yang kompetitif, para pelaku pasar harus dapat menawarkan
produk, harga, waktu dan tempat yang tepat. Dalam operasionalnya pun dapat membantu
konsumen dalam menyediakan berbagai produk dan jasa dengan menambah nilai
produk.
Para pelaku retail harus memahami secara penuh tentang
lingkup bisnis Retailnya, cara strategi pengembangannya dan manajemen bisnisnya
seperti penetapan harga, fasilitas belanja, pelayanan, diskon dan factor-faktor
lain. Pengelolaan bisnis ritel tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan
barang lengkap tetapi juga mengikuti perkembangan teknologi agar dapat
berhasil dan mempunyai keunggulan tersendiri.
Dengan dibukanya keran perdagangan bebas dengan Cina,
pasar ritel lokal banyak yang gulung tikar. Retail asing di Indonesia yang
punya kekuatan merek dan dana yang “tak terbatas” pun semakin marak. Lalu bagaimana
strategi yang efektif dalam mengelola bisnis retail sehingga tak tergerus oleh
serbuan retail asing?
Orang-orang yang tertarik untuk memulai sebuah toko retail perlu
memastikan bahwa mereka berada dalam posisi untuk benar-benar membuat toko
sukses. Hal ini terutama berlaku di zaman ekonomi sulit ketika banyak
perusahaan yang berjuang untuk tetap bertahan. Ada banyak hal untuk
mempertimbangkan untuk menentukan apakah suatu bisnis akan dapat melakukannya dengan baik
sekarang termasuk lokasi dan jenis usaha retail. Namun, pertanyaan yang benar
apakah atau tidak bisnis Anda akan melakukannya dengan baik memiliki kurang
untuk melakukan dengan toko dan banyak lagi ?
B.
MASALAH
a.
Apakah bisnis
retail itu ?
b.
Bagaimana
gambaran umum bisnis atau toko ritel itu ?
c.
Apa saja
strategi bersaing bisnis retail tersebut ?
d.
Apa perbedaan bisnis
retail skala besar dengan skala kecil ?
C.
TUJUAN
Untuk
memberikan suatu wawasan dan pengetahuan mengenai Bisnis Retail bagi pembaca agar
lebih memahami secara luas. Serta mendapatkan informasi yang akurat sehingga
dapat menjelaskan secara obyektif strategi pemasaran untuk
memenangkan persaingan di pasar.
D.
MANFAAT
a.
Sebagai masukan bagi manajemen bisnis
retail tentang pemilihan strategi marketing yang digunakan dalam
mempertahankan loyalitas pelanggan.
b.
Sebagai sebuah kajian yang memperkaya pemikiran dan
data mengenai bagaimana keberlangsungan sebuah usaha jasa
khususnya pada bisnis retail dengan tantangan-tantangan yang
mereka hadapi, dalam hal pemasaran.
BAB II
DESAIN
2.1 PENGUMPULAN
DATA
A. Lokasi
Observasi
Kami melakukan observasi di 2 toko
ritel di Alfamart dan Warung Kecil di Jalan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur.
B. Gambaran Umum Toko
·
Warung Kecil, pertama kali dibuka pada
tahun 2000. Letaknya cukup strategis karena dekat jalan raya dan pemukiman
warga, jadi warung kecil tersebut sering didatangi para konsumen. Warung ini
menjual beberapa produk diantaranya aneka minuman, rokok dan makanan ringan.
Produk yang sering dibeli di warung ini adalah rokok dan minuman. Stok produk
warung ini didapatkan secara grosir dari agen.
·
PT. Sumber Alfaria Trijaya, tbk. pertama
kali ada pada tahun 1989. Pembahasan di bawah ini adalah salah satu cabang dari
alfamart. Didirikan saat di daerah itu belum ada minimarket. Letaknya strategis
karena dekat dengan perumahan dan juga dipinggir jalan raya. Alfamart banyak
menjual produk yang dibutuhkan konsumen dalam berbagai varian mulai dari produk
makanan hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga. Produk yang paling banyak
diminati konsumen di Alfamart adalah makanan ringan.
2.2 ANALISIS
DATA
A.
Strategi Bersaing Bisnis Retail
·
Warung Kecil
Gambar 1.3
Warung kecil tidak
memiliki strategi untuk menarik para konsumen. Warung kecil hanya harus pintar
memilih tempat untuk membuka warung agar warung tersebut ramai dikunjungi.
·
Alfamart
Alfamart mempunyai strategi
bersaing dengan toko ritel lainnya yaitu dengan mengadakan promo-promo yang
diadakan setiap bulan bahkan per 3 hari, mereka mengadakan promo-promo baru,
seperti Kartu Ponta yaitu kartu member yang mengumpulkan poin setiap belanja
dan poin tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah.
B.
Target
Market
·
Warung kecil
Target market pada warung kecil ini
khususnya konsumen rokok karena warung ini lebih banyak menjual produk rokok
dan dapat dijual secara eceran. Anak
kecil dan orang yang sedang melewati warung itu juga merupakan target market.
·
Alfamart
Target atau sasaran
alfarmart dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Target
Geografis ( Letak konsumen berbelanja)
·
Area
perumahan
·
Fasilitas publik
·
Gedung Perkantoran
2. Target
Demografi (Siapa yang membeli)
·
Ibu Rumah Tangga
·
Anak-anak
·
Kelas Menengah
3. Target
Psikografi (Alasan berbelanja)
·
Kenyamanan
·
Pelayanan yang ramah
·
Memilih sendiri sebelum membeli
C.
Tujuan
Kemitraan
·
Warung kecil Gambar
1.4
Tujuan warung kecil ini
dibuka yang pasti untuk mencari laba/keuntungan. Ditambah lokasi warung ini
yang strategis dan berada di jalan yang ramai.
·
Alfamart
Sesuai dengan visinya :
” Menjadi jaringan distribusi tetail terkemuka yang memiliki oleh masyarakat luas
berorientasi kepada pemberdayaan usaha kecil, memenuhi kebutuhan, harapan
konsumen, serta mampu bersaing global.
2.3 KRITERIA
PENILAIAN
Perbandingan antara
minimarket (Alfamart) dan warung kecil meliputi berbagai macam aspek seperti
suasana belanja, pelayanan, harga, dan jenis barang yang dijual. Antara lain,
adalah :
A.
SUASANA
BELANJA
·
Warung kecil
Suasana berbelanja di
warung kecil, konsumen tidak dapat memilih produk yang ingin dibeli dengan
leluasa karena konsumen tidak dapat memilih-milih sendiri barangnya, hanya bisa
meminta diambilkan produk yang ingin dibeli dengan pemilik warung kecil.
·
Alfamart
Alfamart menawarkan suasana belanja yang nyaman, rata-rata
memiliki pendingin udara (AC) dan kita bisa bebas memilih barang,
menyentuh dan mengambilnya.
B.
PELAYANAN
·
Warung kecil
Terkadang kita menemukan warung kosong yang tidak ditunggui.
Sehingga konsumen bersusah payah memanggil-manggil pemilik warung. Dan ada
juga pemilik warung yang melayani dengan terkantuk-kantuk karena sedang tidur
siang.
·
Alfamart
Pelayanan di minimarket dikemas melalui manajemen bisnis
waralaba yang professional. Saat kita masuk ke dalam toko disambut senyum
dan sapa . Terdapat petugas dengan seragam rapi siap melayani dan membantu
mengangkat barang-barang belanjaan.
C.
JENIS BARANG
·
Warung kecil
Di warung kecil, belum menjamin semua jenis
barang tersedia. Ada barang tetapi umumnya stoknya terbatas. Sehingga konsumen tidak dapat memenuhi
kebutuhannya jika produk yang ingin dibeli itu terbatas. Tetapi, warung kecil
menyediakan produk sachet atau produk yang lebih kecil ukurannya sehingga kalau
konsumen tidak terlalu butuh suatu produk tersebut dalam jumlah besar, ia dapat
membeli produk sachet. Dan yang paling sering ditemukan ialah di warung kecil,
konsumen perokok dapat membeli rokok hanya 1 atau 2 batang (per batang)
sehingga tidak harus membeli satu bungkus.
·
Alfamart
Segala
jenis barang kebuuhan sehari-hari lengkap dan stock barang tersebut juga cukup
banyak. Tetapi, di Alfamart jarang ada produk sachet sehingga konsumen hanya
dapat membeli produk dalam ukuran yang ada di Alfamart itu saja.
D. HARGA
Untuk masalah harga,
menurut hasil analisi kami harga di warung kecil dan minimarket (Alfamart) itu
berbeda-beda setiap produknya. Ada suatu produk yang lebih mahal di Alfamart
dan ada juga satu produk yang lebih mahal di warung kecil dibanding di
Alfamart. Contohnya, harga air mineral di waung kecil rata-rata Rp 3.000 bahkan
bisa sampa Rp 5.000 kalau warung tersebut letaknya dekat dengan tempat rekreasi
atau ditempat yang jarang ada warungnya. Jadi, harga di warung itu ditentukan
si pemilik warung itu sendiri tergantung letak warung tersebut. Tetapi kalau di
Alfamart, harga air mineral Rp 2.790 yang lebih murah dibanding harga di warung
kecil dan harganya tidak berubah-ubah meskipun letak Alfamart itu dimanapun.
Namun, ada juga barang yang lebih murah di warung kecil dibanding Alfamart,
contohnya harga Beng-beng (makanan ringan) di warung kecil harganya Rp 1.500
sedangkan di Alfamart, harga Beng-beng tersebut Rp 1.900 jadi untuk masalah
harga, menurut analisis kami itu tergantung produk apa yang akan dibeli
konsumen.
BAB III
HASIL PENELITIAN
A. INTERPRETASI
Pertumbuhan ritel di Indonesia
tercermin dengan pesatnya pertumbuhan minimarket sebagai salah satu pasar
modern dan ritel di Indonesia. Pada kurun waktu 2002-2006, mini market tumbuh
rata-rata 29% per tahun. Gerai-gerai minimarket yang tadinya hanya berjumlah
ratusan di tahun 2002 melonjak menjadi ribuan di tahun 2006. Hal ini jelas
terlihat dengan bermunculannya gerai-gerai mini market dalam radius setidaknya
500 meter dan kini telah memasuki pemukiman-pemukiman padat bahkan kompleks-kompleks
perumahan.
Minimarket atau yang menjual
segala macam barang dan makanan, namun tidak selengkap dan sebesar sebuah
supermarket. Berbeda dengan toko kelontong, minimarket menerapakan sistem
swalayan, dimana pembeli mengambil sendiri barang yang dibutuhkan dari rak-rak
dagangan dan membayar dikasir.
Sedangkan warung kelontong yaitu
warung yang menyediakan kebutuhan rumah tangga seperti sembilan bahan pokok (
sembako ), makanan dan barang rumah tangga. Warung ini ditemukan berdampingan
dengan pemilik rumah yang tidak jauh dengan masyarakat seperti perkamapungan,
perumahan dan yang sering ditemui didalam gang. Warung kelontong merupakan
pertama kali yang melayani kebutuhan masyarakat sebelum minimarket.
Gambar
1.5 Gambar
1.6
Terdapat beberapa keunggulan dan
kelemahaan dari minimarket dan warung kelontong sebagai berikut :
·
Keunggulan
Minimarket
a)
Menemukan
gaya warung dengan bentuk yang menarik
b)
Memiliki
keyamanan dalam ruangan dan kebersihan
c)
Pelayanan
yang baik terhadap pembeli
d)
Selalu
memunculkan promo produk baru
·
Kelemahaan
Minimarket
a)
Harga
pas tidak bisa tawar menawar
b)
Tidak
bisa beli eceran
·
Keunggulan
warung kelontong
1.
Bersahabat
terhadap pembeli
2.
Harga
barang bisa ditawar
3.
Bisa
beli eceran
4.
Dapat
memenuhi pesan untuk pelanggan
5.
Bisa
berutang atau dibayar kemudian
·
Kelemahaan
Warung Kelontong
1)
Bentuk
warung tidak menarik
2)
Tata
letak barang di dalam warung tidak diatur dengan nyaman dan efesien
3)
Tidak
selalu memperhatikan dengan keyamanan dan kebersihan
4)
Kurangnya
penerangan lampu
5)
Barang
tidak lengkap
6)
Kekurangan
modal
Analisa
Masalah Penelitian
Keberadaan minimarket yang
terdapat di mana - mana khususnya di Kota Jakarta merupakan fakta bahwa pasar
modern mulai mengacam warung kelontong. Masalah diteliti berdasarkan hasil dari
dalam pembahasan studi kasus menggunakan wawancara, dan isi tersebut yaitu:
“Dari salah satu sumber pedagang
warung kelontong menceritakan bahwa pada saat sebelum ada minimarket, dagangan
terlihat penuh namun pada tahun sekarang barang dagangan mulai sedikit demi
sedikit berkurang. Barang yang sehari-hari yang laku terjual hanya rokok,
minuman (softdrink), dan makanan ringan.
Minimarket mulai menyerbu daerah
perkotaan, kini gilirannya memasuki daerah-daerah di pinggiran kota. Pelayanan,
kenyamanan, variasi produk yang beragam, harga yang murah dan berkualitas
membuat konsumen tertarik.
Kehadiran minimarket bukan hanya
mematikan pasar tradisional, tapi juga toko kelontong. “Bisa dikatakan,
minimarket itu telah memberangus omset saya. Semua pelanggan beralih ke
minimarket. Yang dulu banyak konsumen yang datang, namun sekarang terasa biasa
saja.”
Minimarket merupakan fakta terjadinya
persaingan dengan warung kelontong namun ada bebarapa pandangan dari
masayarakat sebagai berikut:
·
Kehadiran
minimarket memberikan kelebihan dalam berbelaja seperti keyamanan, kebersihan,
keamanan dan terutama harga yang lebih murah.
·
Adapun
masyarakat yang merasa kecewa dengan munculnya minimarket dimana - mana dan
akibatnya terancaman warung kelontong.
Sedangkan analisa warung kecil
(kelontong) yang kami teliti :
·
Warung
yang dialami barang dagangan mulai kosong dan tidak teratur, kurangnya kebersihan
maka mengakibatkan debu kotoran dan ruangan tidak teratur.
·
Barang
dagangan terlihat penuh namun ruangan konsumen kurang nyaman.
·
Warung
yang dialami dipenuhi dengan barang dagangan namun ruangan konsumen sedikit dan
tidak nyaman saat membeli.
·
Ruangan
warung sempit dan tidak adanya ruangan untuk konsumen.
Intinya
menurut kami di zaman modern seperti ini dengan banyaknya jumlah minimarket di
sekitar pemukiman warga serta di pinggir jalan raya. Konsumen akan lebih
tertarik untuk berbelanja di minimarket (Alfamart) karena banyak
keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh para konsumen dengan berbelanja di
Alfamart seperti pelayanannya, suasananya serta harga yang terkadang bisa lebih
murah dibanding warung kecil. Letaknya yang strategis juga membuat minimarket
lebih dipilih para konsumen. Letaknya mudah ditemukan seperti di pinggir jalan
raya, membuat para konsumen pengendara mobil atau motor berbelanja kebutuhan
mereka di minimarket karena ada tempat parkirnya sehingga tidak mengganggu
pengguna jalan raya lainnya saat berbelanja.
B.
IMPLIKASI
Implikasi
dari penelitian kami ialah, dampak langsung dengan banyaknya konsumen yang
memilih untuk berbelanja di toko ritel modern atau minimarket membuat warung
kecil bisa tersingkir keberadaannya karena semakin banyaknya juga jumlah
minimarket yang berkembang. Hal ini membuat perekonomian warga Indonesia bisa
semakin memburuk karena bisa mematikan usaha mereka yang membuka wirausaha
warung.
BAB IV
KESIMPULAN
Dalam memilih retail store, pembeli
mempertimbangkan banyak hal mulai dari harga, kemudahan, kualitas produk,
bantuan wiraniaga, reputasi, nilai khusus(pelayanan) dan jasa khusus yang
ditawarkan. Dengan demikin untukmenentukan rencana bagi perusahaan retail,
perusahaan wajib memperhatikan hal-haltersebut.Ada beberapa pemahaman untuk
mementukan rencana perusahaan retail,diantaranya ialah pemahaman tentang
saluran pemasaran, perilaku konsumen,pesaing, lingkungan sosial, ekonomi dan
teknologi, dan pemahaman padalingkungan umum. Salah satu contoh yang diambil oleh
Alfamart ialah membuat member (Kartu Ponta) damana setiap member akan
mendapatkan keuntungan atas kepersertaannya dalam anggota, seperti potongan
harga,undian dan lain-lain.
Karena
perusahaan yang besar mungkin dapat menerapkan stretegi tertentuyang jelas
tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kecil. Demikian pula sebaliknya,bukanlah
menjadi sesuatu hal yang jarang terjadi bahwa perusahaan kecil
denganstrateginya sendiri mampu menghasilkan tingkat keuntungan yang sama
ataubahkan lebih baik daripada perusahaan besar.Dengan memperhatikan dan
mempertimbangkan semua hal diatas, makadapat dipastikan perusahaan akan dapat
menentukan dengan baik strategipemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk
tetap maju dan berkembang ditengah-tengah persaingannya.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/07/11
Online Casino and online slot games is a way to be at the casino every single day from the luxury and comfort of your own home or anywhere else! scr888 apk is the best way to play online casino and slot games platform with unlimited options and endless scr888 apk possibilities. All the best of and popular casino and slot games can be played online by scr888 apk such as poker, bingo, free slots and a lot more! Live dealers, no deposits and unlimited access to scr888 apk … what more could one ask for! We guarantee a good and quality online casino experience and entertainment like never before! We offer numerous scr888 apk promotions and bonuses to all our customers! We guarantee a great time, every time! We have a pool of happy and satisfied customers who keep coming back to us for more and more entertainment with just a one click of scr888 apk . We pride in calling ourselves the best online casino and slot games platform as we offer a huge variety of scr888 apk and have a wide network of quality promotions and happy customers. Free slot games, an easy to win jackpot possibility and the best graphic slot games… We offer and guarantee scr888 apk all and more!
BalasHapusGoing to the casino has been a fascinating experience for several years, all over the world. Casinos promise unlimited fun, excitement and thrill! Unfortunately, there aren’t too many good Malaysia Casino that can promise the excitement one is looking for! Also, going to a casino is an expensive affair and can really burn a hole in one’s pocket by scr888 apk !
Great ....You have beautifully 918kiss malaysia presented your thought in this blog post. I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.
BalasHapusSubsequently, after spending many hours on the internet jackpot slot scr888 at last We\'ve uncovered an individual that definitely does know what they are discussing many thanks a great deal wonderful post.
BalasHapuswow i love t hat SO much... can live casino apk game download i cut and paste it into my blog?? but give u credit, of course???
BalasHapus