Kamis, 24 Desember 2015

BISNIS TOKO RETAIL

BISNIS TOKO RETAIL



OLEH :
1.     EKA WAHYU ANDAYANI
2.     FEBRI SETIAWAN
3.     GERRY NAWAWI
4.     IVANA YOVITA
5.     YURINDA RAMADHANA
PENDIDIKAN TATA NIAGA A
KATA PENGANTAR


            Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya kami dapat diperkenankan menyelasaikan makalah yang berjudul “Bisnis  Toko Retail” . Adapun tujuan makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang bisnis retail terhadap strategi perkembangan konsumen khususnya di minimarket dan usaha kecil.
Banyak sekali hambatan dalam penyusunan makalah ini waktu, saran dan lain-lain. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang mendukung dan membantu sebelumnya. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat. Akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Jakarta, 14 Oktober 2015
Penyusun














DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
LAPORAN UTAMA
BAB I (PENDAHULUAN)
·         LATAR BELAKANG
·         MASALAH
·         TUJUAN
·         MANFAAT
BAB II (DESAIN)
·         PENGUMPULAN DATA
·         ANALISIS DATA
·         KRITERIA PENILAIAN
BAB III (HASIL PENELITIAN)
·         INTERPRETASI
·         IMPLIKASI
BAB IV (KESIMPULAN)
DAFTAR PUSTAKA









DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1      ........................................................................................................................
Gambar 1.2      ........................................................................................................................
Gambar 1.3      ........................................................................................................................
Gambar 1.4      ........................................................................................................................
Gambar 1.5      ........................................................................................................................
Gambar 1.6      ........................................................................................................................




















LAPORAN UTAMA

Kami melakukan observasi di 2 toko retail yang berbeda :

1.      Alfamart

Hari : Senin
Tanggal : 12 Oktober 2015
Pukul : 11.00 WIB
Tempat : Jl.Utan Kayu Utara, Jaktim


Gambar 1.1
2.      Warung Kecil

Hari : Senin
Tanggal : 12 Oktober 2015
Pukul : 11.30 WIB
Tempat : Jl.Utan Kayu Utara, Jaktim


                                    Gambar 1.2




BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Bisnis Retail merupakan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada masyarakat sebagai pelaku konsumen untuk pengunaan yang sifatnya individu sebagai pribadi maupun keluarga. Dalam arti lain bisnis yang menyalurkan barang maupun jasa kepada pengguna akhir.
Untuk mencapai keberhasilan yang kompetitif, para pelaku pasar harus dapat menawarkan produk, harga, waktu dan tempat yang tepat. Dalam operasionalnya pun dapat membantu konsumen dalam menyediakan berbagai produk dan jasa dengan menambah nilai produk.
Para pelaku retail harus memahami secara penuh tentang lingkup bisnis Retailnya, cara strategi pengembangannya dan manajemen bisnisnya seperti penetapan harga, fasilitas belanja, pelayanan, diskon dan factor-faktor lain. Pengelolaan bisnis ritel tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan barang lengkap tetapi juga mengikuti perkembangan teknologi agar dapat berhasil dan mempunyai keunggulan tersendiri.
Dengan dibukanya keran perdagangan bebas dengan Cina, pasar ritel lokal banyak yang gulung tikar. Retail asing di Indonesia yang punya kekuatan merek dan dana yang “tak terbatas” pun semakin marak. Lalu bagaimana strategi yang efektif dalam mengelola bisnis retail sehingga tak tergerus oleh serbuan retail asing?
Orang-orang yang tertarik untuk memulai sebuah toko retail perlu memastikan bahwa mereka berada dalam posisi untuk benar-benar membuat toko sukses. Hal ini terutama berlaku di zaman ekonomi sulit ketika banyak perusahaan yang berjuang untuk tetap bertahan. Ada banyak hal untuk mempertimbangkan untuk menentukan apakah suatu bisnis akan dapat melakukannya dengan baik sekarang termasuk lokasi dan jenis usaha retail. Namun, pertanyaan yang benar apakah atau tidak bisnis Anda akan melakukannya dengan baik memiliki kurang untuk melakukan dengan toko dan banyak lagi ?

B.     MASALAH
a.       Apakah bisnis retail itu ?
b.      Bagaimana gambaran umum bisnis atau toko ritel itu ?
c.       Apa saja strategi bersaing bisnis retail tersebut ?
d.      Apa perbedaan bisnis retail skala besar dengan skala kecil ?

C.    TUJUAN
Untuk memberikan suatu wawasan dan pengetahuan mengenai Bisnis Retail bagi pembaca agar lebih memahami secara luas. Serta mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan di pasar.

D.    MANFAAT

a.        Sebagai masukan bagi manajemen bisnis retail tentang pemilihan strategi marketing yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.
b.        Sebagai sebuah kajian yang memperkaya pemikiran dan data mengenai bagaimana keberlangsungan sebuah usaha jasa khususnya pada bisnis retail dengan tantangan-tantangan yang mereka hadapi, dalam hal pemasaran.























BAB II
DESAIN

2.1  PENGUMPULAN DATA
      
A.   Lokasi Observasi
Kami melakukan observasi di 2 toko ritel di Alfamart dan Warung Kecil di Jalan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur.
B.   Gambaran Umum Toko
·         Warung Kecil, pertama kali dibuka pada tahun 2000. Letaknya cukup strategis karena dekat jalan raya dan pemukiman warga, jadi warung kecil tersebut sering didatangi para konsumen. Warung ini menjual beberapa produk diantaranya aneka minuman, rokok dan makanan ringan. Produk yang sering dibeli di warung ini adalah rokok dan minuman. Stok produk warung ini didapatkan secara grosir dari agen.
·         PT. Sumber Alfaria Trijaya, tbk. pertama kali ada pada tahun 1989. Pembahasan di bawah ini adalah salah satu cabang dari alfamart. Didirikan saat di daerah itu belum ada minimarket. Letaknya strategis karena dekat dengan perumahan dan juga dipinggir jalan raya. Alfamart banyak menjual produk yang dibutuhkan konsumen dalam berbagai varian mulai dari produk makanan hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga. Produk yang paling banyak diminati konsumen di Alfamart adalah makanan ringan.
2.2  ANALISIS DATA
A.    Strategi Bersaing Bisnis Retail

·         Warung Kecil                                                             
Gambar 1.3
Warung kecil tidak memiliki strategi untuk menarik para konsumen. Warung kecil hanya harus pintar memilih tempat untuk membuka warung agar warung tersebut ramai dikunjungi.
·         Alfamart
Alfamart mempunyai strategi bersaing dengan toko ritel lainnya yaitu dengan mengadakan promo-promo yang diadakan setiap bulan bahkan per 3 hari, mereka mengadakan promo-promo baru, seperti Kartu Ponta yaitu kartu member yang mengumpulkan poin setiap belanja dan poin tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah.

B.     Target Market
·         Warung kecil
Target market pada warung kecil ini khususnya konsumen rokok karena warung ini lebih banyak menjual produk rokok dan dapat dijual secara eceran.  Anak kecil dan orang yang sedang melewati warung itu juga merupakan target market.



·         Alfamart
Target atau sasaran alfarmart dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.      Target Geografis ( Letak konsumen berbelanja)
·         Area perumahan
·         Fasilitas publik
·         Gedung Perkantoran
2.      Target Demografi (Siapa yang membeli)
·         Ibu Rumah Tangga
·         Anak-anak
·         Kelas Menengah
3.      Target Psikografi (Alasan berbelanja)
·         Kenyamanan
·         Pelayanan yang ramah
·         Memilih sendiri sebelum membeli

C.    Tujuan Kemitraan
·         Warung kecil                                                                                       Gambar 1.4
Tujuan warung kecil ini dibuka yang pasti untuk mencari laba/keuntungan. Ditambah lokasi warung ini yang strategis dan berada di jalan yang ramai.
·         Alfamart
Sesuai dengan visinya : ” Menjadi jaringan distribusi tetail terkemuka yang memiliki oleh masyarakat luas berorientasi kepada pemberdayaan usaha kecil, memenuhi kebutuhan, harapan konsumen, serta mampu bersaing global.
2.3  KRITERIA PENILAIAN
Perbandingan antara minimarket (Alfamart) dan warung kecil meliputi berbagai macam aspek seperti suasana belanja, pelayanan, harga, dan jenis barang yang dijual. Antara lain, adalah :



A.    SUASANA BELANJA
·         Warung kecil
Suasana berbelanja di warung kecil, konsumen tidak dapat memilih produk yang ingin dibeli dengan leluasa karena konsumen tidak dapat memilih-milih sendiri barangnya, hanya bisa meminta diambilkan produk yang ingin dibeli dengan pemilik warung kecil.

·         Alfamart
Alfamart menawarkan suasana belanja yang nyaman, rata-rata memiliki pendingin udara (AC)  dan kita bisa bebas memilih barang, menyentuh dan mengambilnya.

B.     PELAYANAN
·         Warung kecil
Terkadang kita menemukan warung kosong yang tidak ditunggui. Sehingga konsumen bersusah payah memanggil-manggil pemilik warung. Dan ada juga pemilik warung yang melayani dengan terkantuk-kantuk karena sedang tidur siang.

·         Alfamart
Pelayanan di minimarket dikemas melalui manajemen bisnis waralaba yang professional. Saat kita masuk ke dalam toko disambut senyum dan sapa . Terdapat petugas dengan seragam rapi siap melayani dan membantu mengangkat barang-barang belanjaan.

C.    JENIS BARANG
·         Warung kecil
Di  warung kecil, belum  menjamin semua jenis barang tersedia. Ada barang tetapi umumnya stoknya terbatas. Sehingga konsumen tidak dapat memenuhi kebutuhannya jika produk yang ingin dibeli itu terbatas. Tetapi, warung kecil menyediakan produk sachet atau produk yang lebih kecil ukurannya sehingga kalau konsumen tidak terlalu butuh suatu produk tersebut dalam jumlah besar, ia dapat membeli produk sachet. Dan yang paling sering ditemukan ialah di warung kecil, konsumen perokok dapat membeli rokok hanya 1 atau 2 batang (per batang) sehingga tidak harus membeli satu bungkus.

·         Alfamart
Segala jenis barang kebuuhan sehari-hari lengkap dan stock barang tersebut juga cukup banyak. Tetapi, di Alfamart jarang ada produk sachet sehingga konsumen hanya dapat membeli produk dalam ukuran yang ada di Alfamart itu saja.

D.    HARGA
Untuk masalah harga, menurut hasil analisi kami harga di warung kecil dan minimarket (Alfamart) itu berbeda-beda setiap produknya. Ada suatu produk yang lebih mahal di Alfamart dan ada juga satu produk yang lebih mahal di warung kecil dibanding di Alfamart. Contohnya, harga air mineral di waung kecil rata-rata Rp 3.000 bahkan bisa sampa Rp 5.000 kalau warung tersebut letaknya dekat dengan tempat rekreasi atau ditempat yang jarang ada warungnya. Jadi, harga di warung itu ditentukan si pemilik warung itu sendiri tergantung letak warung tersebut. Tetapi kalau di Alfamart, harga air mineral Rp 2.790 yang lebih murah dibanding harga di warung kecil dan harganya tidak berubah-ubah meskipun letak Alfamart itu dimanapun. Namun, ada juga barang yang lebih murah di warung kecil dibanding Alfamart, contohnya harga Beng-beng (makanan ringan) di warung kecil harganya Rp 1.500 sedangkan di Alfamart, harga Beng-beng tersebut Rp 1.900 jadi untuk masalah harga, menurut analisis kami itu tergantung produk apa yang akan dibeli konsumen.



























BAB III
HASIL PENELITIAN
A.    INTERPRETASI
Pertumbuhan ritel di Indonesia tercermin dengan pesatnya pertumbuhan minimarket sebagai salah satu pasar modern dan ritel di Indonesia. Pada kurun waktu 2002-2006, mini market tumbuh rata-rata 29% per tahun. Gerai-gerai minimarket yang tadinya hanya berjumlah ratusan di tahun 2002 melonjak menjadi ribuan di tahun 2006. Hal ini jelas terlihat dengan bermunculannya gerai-gerai mini market dalam radius setidaknya 500 meter dan kini telah memasuki pemukiman-pemukiman padat bahkan kompleks-kompleks perumahan.
Minimarket atau yang menjual segala macam barang dan makanan, namun tidak selengkap dan sebesar sebuah supermarket. Berbeda dengan toko kelontong, minimarket menerapakan sistem swalayan, dimana pembeli mengambil sendiri barang yang dibutuhkan dari rak-rak dagangan dan membayar dikasir.
Sedangkan warung kelontong yaitu warung yang menyediakan kebutuhan rumah tangga seperti sembilan bahan pokok ( sembako ), makanan dan barang rumah tangga. Warung ini ditemukan berdampingan dengan pemilik rumah yang tidak jauh dengan masyarakat seperti perkamapungan, perumahan dan yang sering ditemui didalam gang. Warung kelontong merupakan pertama kali yang melayani kebutuhan masyarakat sebelum minimarket.







     
Gambar 1.5                                                                      Gambar 1.6

Terdapat beberapa keunggulan dan kelemahaan dari minimarket dan warung kelontong sebagai berikut :

·         Keunggulan Minimarket
a)      Menemukan gaya warung dengan bentuk yang menarik
b)      Memiliki keyamanan dalam ruangan dan kebersihan
c)      Pelayanan yang baik terhadap pembeli
d)     Selalu memunculkan promo produk baru
·         Kelemahaan Minimarket
a)      Harga pas tidak bisa tawar menawar
b)      Tidak bisa beli eceran
·         Keunggulan warung kelontong
1.      Bersahabat terhadap pembeli
2.      Harga barang bisa ditawar
3.      Bisa beli eceran
4.      Dapat memenuhi pesan untuk pelanggan
5.      Bisa berutang atau dibayar kemudian
·         Kelemahaan Warung Kelontong
1)      Bentuk warung tidak menarik
2)      Tata letak barang di dalam warung tidak diatur dengan nyaman dan efesien
3)      Tidak selalu memperhatikan dengan keyamanan dan kebersihan
4)      Kurangnya penerangan lampu
5)      Barang tidak lengkap
6)      Kekurangan modal

Analisa Masalah Penelitian

Keberadaan minimarket yang terdapat di mana - mana khususnya di Kota Jakarta merupakan fakta bahwa pasar modern mulai mengacam warung kelontong. Masalah diteliti berdasarkan hasil dari dalam pembahasan studi kasus menggunakan wawancara, dan isi tersebut yaitu:

“Dari salah satu sumber pedagang warung kelontong menceritakan bahwa pada saat sebelum ada minimarket, dagangan terlihat penuh namun pada tahun sekarang barang dagangan mulai sedikit demi sedikit berkurang. Barang yang sehari-hari yang laku terjual hanya rokok, minuman (softdrink), dan makanan ringan.
Minimarket mulai menyerbu daerah perkotaan, kini gilirannya memasuki daerah-daerah di pinggiran kota. Pelayanan, kenyamanan, variasi produk yang beragam, harga yang murah dan berkualitas membuat konsumen tertarik.
Kehadiran minimarket bukan hanya mematikan pasar tradisional, tapi juga toko kelontong. “Bisa dikatakan, minimarket itu telah memberangus omset saya. Semua pelanggan beralih ke minimarket. Yang dulu banyak konsumen yang datang, namun sekarang terasa biasa saja.”
Minimarket merupakan fakta terjadinya persaingan dengan warung kelontong namun ada bebarapa pandangan dari masayarakat sebagai berikut:

·         Kehadiran minimarket memberikan kelebihan dalam berbelaja seperti keyamanan, kebersihan, keamanan dan terutama harga yang lebih murah.
·         Adapun masyarakat yang merasa kecewa dengan munculnya minimarket dimana - mana dan akibatnya terancaman warung kelontong.
Sedangkan analisa warung kecil (kelontong) yang kami teliti :
·         Warung yang dialami barang dagangan mulai kosong dan tidak teratur, kurangnya kebersihan maka mengakibatkan debu kotoran dan ruangan tidak teratur.
·         Barang dagangan terlihat penuh namun ruangan konsumen kurang nyaman.
·         Warung yang dialami dipenuhi dengan barang dagangan namun ruangan konsumen sedikit dan tidak nyaman saat membeli.
·         Ruangan warung sempit dan tidak adanya ruangan untuk konsumen.

Intinya menurut kami di zaman modern seperti ini dengan banyaknya jumlah minimarket di sekitar pemukiman warga serta di pinggir jalan raya. Konsumen akan lebih tertarik untuk berbelanja di minimarket (Alfamart) karena banyak keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh para konsumen dengan berbelanja di Alfamart seperti pelayanannya, suasananya serta harga yang terkadang bisa lebih murah dibanding warung kecil. Letaknya yang strategis juga membuat minimarket lebih dipilih para konsumen. Letaknya mudah ditemukan seperti di pinggir jalan raya, membuat para konsumen pengendara mobil atau motor berbelanja kebutuhan mereka di minimarket karena ada tempat parkirnya sehingga tidak mengganggu pengguna jalan raya lainnya saat berbelanja.
B.     IMPLIKASI

Implikasi dari penelitian kami ialah, dampak langsung dengan banyaknya konsumen yang memilih untuk berbelanja di toko ritel modern atau minimarket membuat warung kecil bisa tersingkir keberadaannya karena semakin banyaknya juga jumlah minimarket yang berkembang. Hal ini membuat perekonomian warga Indonesia bisa semakin memburuk karena bisa mematikan usaha mereka yang membuka wirausaha warung.
BAB IV
KESIMPULAN

Dalam memilih retail store, pembeli mempertimbangkan banyak hal mulai dari harga, kemudahan, kualitas produk, bantuan wiraniaga, reputasi, nilai khusus(pelayanan) dan jasa khusus yang ditawarkan. Dengan demikin untukmenentukan rencana bagi perusahaan retail, perusahaan wajib memperhatikan hal-haltersebut.Ada beberapa pemahaman untuk mementukan rencana perusahaan retail,diantaranya ialah pemahaman tentang saluran pemasaran, perilaku konsumen,pesaing, lingkungan sosial, ekonomi dan teknologi, dan pemahaman padalingkungan umum. Salah satu contoh yang diambil oleh Alfamart ialah membuat member (Kartu Ponta) damana setiap member akan mendapatkan keuntungan atas kepersertaannya dalam anggota, seperti potongan harga,undian dan lain-lain.
Karena perusahaan yang besar mungkin dapat menerapkan stretegi tertentuyang jelas tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kecil. Demikian pula sebaliknya,bukanlah menjadi sesuatu hal yang jarang terjadi bahwa perusahaan kecil denganstrateginya sendiri mampu menghasilkan tingkat keuntungan yang sama ataubahkan lebih baik daripada perusahaan besar.Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan semua hal diatas, makadapat dipastikan perusahaan akan dapat menentukan dengan baik strategipemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk tetap maju dan berkembang ditengah-tengah persaingannya.














DAFTAR PUSTAKA





http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/07/11

4 komentar:

  1. Online Casino and online slot games is a way to be at the casino every single day from the luxury and comfort of your own home or anywhere else! scr888 apk is the best way to play online casino and slot games platform with unlimited options and endless scr888 apk possibilities. All the best of and popular casino and slot games can be played online by scr888 apk such as poker, bingo, free slots and a lot more! Live dealers, no deposits and unlimited access to scr888 apk … what more could one ask for! We guarantee a good and quality online casino experience and entertainment like never before! We offer numerous scr888 apk promotions and bonuses to all our customers! We guarantee a great time, every time! We have a pool of happy and satisfied customers who keep coming back to us for more and more entertainment with just a one click of scr888 apk . We pride in calling ourselves the best online casino and slot games platform as we offer a huge variety of scr888 apk and have a wide network of quality promotions and happy customers. Free slot games, an easy to win jackpot possibility and the best graphic slot games… We offer and guarantee scr888 apk all and more!

    Going to the casino has been a fascinating experience for several years, all over the world. Casinos promise unlimited fun, excitement and thrill! Unfortunately, there aren’t too many good Malaysia Casino that can promise the excitement one is looking for! Also, going to a casino is an expensive affair and can really burn a hole in one’s pocket by scr888 apk !

    BalasHapus
  2. Great ....You have beautifully 918kiss malaysia presented your thought in this blog post. I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.

    BalasHapus
  3. Subsequently, after spending many hours on the internet jackpot slot scr888 at last We\'ve uncovered an individual that definitely does know what they are discussing many thanks a great deal wonderful post.

    BalasHapus
  4. wow i love t hat SO much... can live casino apk game download i cut and paste it into my blog?? but give u credit, of course???

    BalasHapus